|
Dalam Catur Muni-muni gamelan ini
disebut dengan Semara Petangian. Gamelan Pelegongan
adalah barungan madya berlaras pelog (lima nada) yang konon
dikembangkan dari Gamelan Gambuh
dan Semar Pagulingan.
Barungan ini dipergunakan untuk mengiringi tari Legong
Kraton, sebuah tarian klasik yang diduga mendapat pengaruh
tari Sanghyang dan
Gambuh.
Secara fisik gamelan Pelegongan
adalah Semar Pagulingan tanpa trompong. Gamelan
Pelegongan milik STSI Denpasar terdiri dari:
|
1
|
pasang
|
gender rambat |
1
|
pasang
|
gender barungan, masing-masing berbilah
14 (empat belas) |
1
|
pasang
|
jegogan |
1
|
pasang
|
jublag |
4
|
pasang
|
penyacah |
2
|
pasang
|
pemade |
2
|
pasang
|
gangsa jongkok pemade |
2
|
pasang
|
gangsa jongkok kantilan, masing-masing
berbilah 5 |
1
|
pangkon
|
ricik |
1
|
buah
|
kajar |
1
|
buah
|
kleneng |
1
|
buah
|
kemong |
1
|
pasang
|
kendang krumpungan (lanang wadon) |
1
|
buah
|
rebab |
1-3
|
buah
|
suling |
|
Mengenai tabuh-tabuh Pelegongan
sebagaimana disebutkan dalam Lontar Aji Gurnita berada
di antara tabuh-tabuh gamelan
Bebarongan, Joged
Pingitan dan Semar
Pagulingan. Memang pada kenyataannya kini iringan tari
Legong masih memakai
tabuh-tabuh Bebarongan (Calonarang)
dan Semar Pagulingan.
|
Gending-gending Palegongan yang
umumnya dimainkan antara lain:
|
|
Lasem |
|
Pelayon |
|
Candra Kanta |
|
Kuntir |
|
Kuntul |
|
Jobog |
|
Guak Macok |
|
Semaradana |
|
|
Nama-nama ini ada sesuai dengan koreografi
tari Legong Kraton itu sendiri. Beberapa jenis tabuh
lepas yang masih banyak dimainkan adalah:
|
|
Tangis |
|
Gadung Melati |
|
Raja Cina |
|
Karang Olang |
|
...dan sebagainya |
|
Dalam penyajiannya tabuh-tabuh di atas
diikat oleh struktur yang sudah baku yang terdiri dari:
|
|
Pengalih/ Gaginem |
|
Pengawit |
|
Pengawak |
|
Pengecet |
|
Lelonggoran |
|
Pemalpal |
|
Pekaad |
|
Inti dari gending-gending Palegongan
adalah pada Pangawak dan Pengecet. Selebihnya
tergantung dari tema yang dimainkan.
|